Just another WordPress.com weblog

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Nama               : Ryan Triputra

Kelas/NPM     : 3EA03/11208115

Tugas               : 2. Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yaitu :

  1. 1. Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
  2. 2. Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku mereka. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
  3. 3. Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku.

Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.

Sumber: http://teddykw2.wordpress.com/2008/03/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/

Kesimpulan:

Faktor lingkungan, pribadi dan psikologis memang sangat mempengaruhi perilaku konsumen, bukan hanya konsumen tetapi juga mempengaruhi perilaku individu masing-masing, bila ke-3 faktor yang ada dalam diri individu baik maka perilakunya juga pasti baik, dan bila ke-3 faktor tidak baik didalam dirinya maka dapat dipastikan perilaku individu tersebut menyimpang (tidak baik).

 

Tinggalkan komentar