Just another WordPress.com weblog

Pengalokasian SDM di perusahaan kecil

Pengertian dari Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani atau mengatasi berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya supaya dapat menunjang aktifitas perusahaan demi mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dalam hal ini saya ingin mengutarakan bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM) itu diolah dan pengalokasian Sumber Daya Manusia (SDM) yang khususnya berada di perusahaan kecil.

Contohnya adalah Toko Snack yang bernama “XX” SNACK yang berada di daerah Jakarta Timur, toko tersebut sudah berdiri selama +/- 2 tahun belakangan ini dan toko tersebut mempekerjakan 5 orang pegawai yang terdiri dari 3 orang karyawati dan 2 orang karyawan. pemilik dari toko tersebut sangat memperhatikan kondisi serta kemampuan karyawan/i nya dalam bekerja. sang pemilik melatih/men-training karyawan sebelum sang karyawan tersebut bekerja di tokonya, hal itu didasarkan karena sang pemilik tidak ingin mengecewakan dan bahkan ingin memberikan yang terbaik bagi setiap pelanggan (Costumer) nya, sehingga dia (pelanggan) kembali datang ke tokonya.

Hal tersebut ter-nyata tidak sia-sia, toko tersebut menjadi maju dan bahkan sang pemilik mampu melebarkan sayapnya hingga dapat membuka cabang di daerah jakarta selatan. hal tersebut karena sang karyawan dilatih untuk disiplin dan menyenangkan. dengan biaya (gaji) masing-masing karyawan nya +/- Rp 950.000/hari + makan. sedangkan di bulan puasa ini mereka mendapatkan THR (tunjangan Hari Raya),  jam operasionalnya dimulai dari jam 09.30 – 20.00. bila salah seorang karyawan dinilai menurun kemampuan (skill) nya dalam bekerja, karyawan tersebut dapat cuti 1-2 hari, bila sudah cuti tetapi karyawannya masih belum “fit” (kemampuannya) karyawan tersebut di latih lagi sehingga menjadi “fit” lagi seperti biasanya.

dari 5 orang karyawan yang ada belum ada satu pun karyawan yang mengundurkan diri/ dipecat, 2 dari 5 orang karyawan tersebut yang saya tanyai mereka sangat senang dapat bekerja di toko snack tersebut, mereka diajarkan disiplin serta bersikap menyenangkan menghadapi orang.

Pendapatan dari toko tersebut +/- Rp 300.000 – 400.000/ hari, sedangkan di bulan puasa ini toko tersebut mengalami pelonjakan permintaan sekitar 10%-20%/harinya, hal tersebut di karenakan di bulan puasa dan mendekati lebaran ini banyak orang yang mencari snack atau makanan-makanan kering untuk lebaran.

2 responses

  1. cochochipuenak

    woi ya,lw dh kerjain tugas.
    tgs’y ini y????
    jgn lupa buat link blog w y d’blog lw tr blog lw w ling juga

    Oktober 6, 2009 pukul 1:09 pm

    • iyaa tgs nya ini,,
      cara nge-link pgmn buuw??
      kga ngarti gw..
      hehee

      Oktober 7, 2009 pukul 11:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s