Just another WordPress.com weblog

Anak Muda Indonesia dalam Menjaga Ketahanan Nasional dalam Bidang Olahraga

Tugas4 P. kewarganegaraan

Ketahanan nasional dalam bidang Olahraga

Ryan Triputra/11208115

Ketahanan Nasional merupakan kondisi hidup dan kehidupan nasional yang harus senantiasa diwujudkan dan dibina sacara terus-menerus secara bersama. Hal itu dapat dimulai dari hal-hal kecil misalkan dari pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan n0egara dengan modal dasar keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional.

Untuk mewujudkan ketahanan nasional harus diperlukan kesadaran setiap Warga Negara Indonesia, yaitu:

  1. Setiap Warga Negara Indonesia harus memiliki semangat perjuangan bangsa dalam bentuk perjuangan non fisik yang berupa keuletan dan ketangguhan yang tidak mengenal menyerah dalam hal mempertahankan Indonesia.
  2. Sadar dan Peduli dalam pengaruh-pengaruh yang timbul baik dalam hal-hal maupun dalam aspek-aspek tertentu karena banngasa Indonesia adalah bangsa yang cinta damai akan tetapi lebih cinta kemerdekaan.

Apabila setiap Warga Negara Indonesia memiliki semangat perjuangan maka akan tercermin keberhasilan ketahanan nasional Indonesia.

Dalam hal ini saya sebagai Anak Muda Bangsa Indonesia dalam melakukan ketahanan nasional meskipun tidak secara fisik melakukannya di medan pertempuran dalam mempertahankan Indonesia tetapi saya akan membuktikannya dalam bidang OlahRaga, yaitu meningkatkan olahraga nasional sesuai standart internasional dan membawa nama Indonesia serta olahraga Indonesia kedalam dunia internasional dan mampu berbicara lebih jauh dalam setiap olahraga yang bertaraf Internasional. Salah satunya saya akan melakukan dalam cabang Bulutangkis, Bulutangkis Indonesia sudah terkenal dan bahkan mampu berbicara banyak di dalam pentas internasional dengan mengikuti ajang Super Series dan Piala Thomas & Uber dan bahkan bulutangkis Indonesia pernah dan sering menjuarai ajang bergengsi tersebut. Tidak hanya dalam cabang bulutangkis saja, cabang olahraga lain juga akan saya kembangkan

Bagaimana kita melakukan ketahanan nasional bila para pejuang-pejuang olahraga kita saja tidak di sejahterakan hidupnya oleh pemerintah. Dan bahkan pada masa tua-nya saja ditelantarkan oleh pemerintah.

Ketahanan nasional mutlak dibina dan dibangun serta ditumbuh-kembangkan secara terus menerus dengan simultan dalam mempertahankan hidup dan kehidupan bangsa. Jauh lebih itu makin tinggi tingkat ketahanan nasional suatu bangsa maka makin kuat pula posisi bangsa itu dalam menghadapi pergaulan dunia.

sumber:

Tim penyusun universitas Gunadarma, 2007, seri diktat kuliah pendidikan kewarganegaraan, penerbit gunadarma, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s